Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

silakan melihat-lihat blog saya...

Pages

Wisata ke Pulau Timah

Wisata ke Pulau Timah

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi  di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok, Pulau Mendanau dan Pulau Selat Nasik. Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Sejak lama Pulau Bangka dan Belitung terkenal sebagai wilayah penambangan dan pengolahan bahan tambang berupa timah.  Karena itulah kawasan ini selalu identik dengan timah, dan ketika timah mulai terasa memudar potensinya, maka perkebunan lada sempat menjadi alternatif usaha masyarakat. Sehingga, Pulau Bangka dan Pulau Belitung selalu identik juga sebagai Pulau Timah dan Pulau Lada. Kemudian kepulauan Bangka dan Belitung, menjadi populer setelah seorang novelis mengangkat tema kehidupan dan perjuangan seorang guru dan muridnya, dalam sebuah novel Laskar Pelangi dan kemudian diangkat dalam bentuk cerita Film dengan judul yang sama.

image
Ternyata Pulau Bangka dan Belitung tidak sekedar hasil tambang timahnya,  lada atau Laskar Pelangi.  Tetapi sejatinya memiliki potensi lain yang begitu mengagumkan.  Inilah wilayah yang memiliki pantai dengan gugusan pasir  bak mutiara, air laut  bening membiru, deburan ombak yang beriring menyatu dengan angin mengejar pantai,  serta gugusan batu alam dengan aneka bentuk  yang bertebaran unik dan indah seperti muncul dari gundukan pasir dan membentuk pulau-pulau karang pada di  tepi pantai, semuanya merupakan pesona alam luar biasa.
Sebenarnya Pulau Bangka dan Belitung memiliki beragam destinasi wisata antara lain wisata budaya, wisata sejarah, agrowisata, wisata alam, dan wisata pantai/bahari.  Dari sekian kawasan dan objek wisata yang ada, menurut penulis  wisata pantai yang paling berkesan.  Namun penulis sendiri baru sebatas mengunjungi pantai yang terletak di Pulau Bangka saja.

image Objek wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi di kawasan Pulau Bangka adalah kawasan pantai yang menghadap Selat Karimata, yaitu pantai yang terletak di  bagian Timur Pulau Bangka, yang berjejer dari  Selatan ke Utara, antara lain Pantai Anyer, Parai Tenggiri, Tanjung Pesona, Pantai Matras dan Tanjung Penyusuk. Sebenarnya ada banyak pantai lainnya  yang juga patut dikunjungi bila memiliki waktu, antara lain yang tersebar di Bagian Barat dan Selatan.  Bahkan bila tersedia waktu cukup, menurut informasi di bagian Pulau Belitung, juga memiliki pesona pantai dan kehidupan bawah laut yang tidak kalah menarik  dibandingkan dengan yang ada di Pulau Bangka.
Saat ini untuk mengunjungi Pulau Bangka, tersedia beberapa penerbangan reguler dari beberapa maskapai penerbangan nasional yang melayani rute Jakarta – Pangkal Pinang.  Sedangkan untuk hotel dan penginapan tersedia dari hotel Bintang sampai hotel Melati.  Kemudian untuk akses jalan menuju ke lokasi objek wisata, relatif  cukup nyaman.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar